YUDI
06 October 2023

Grafik Penjualan dengan periode 15 Bulan untuk memantau penjualan

Dalam bekerja untuk berbisnis, kita tentu ingin memantau apakah yang kita kerjakan ini ada kemajuan atau tidak. Bila ada kemajuan seberapa besar kemajuan itu. Sering sekali pebisnis yang tidak memiliki data memiliki perasaaan gelisah, khususnya bila bisnis terasa sepi akhir-akhir ini.

Salah satu cara tercepat dan efisien untuk memantau pergerakan kemajuan bisnis adalah dengan melihat grafik penjualan. Untuk setiap program web baik yang di usahaku.com atau yang saya buat custom untuk client akan saya berikan grafik penjualan hanya dengan satu kali klik.

Grafik dibawah ini akan muncul secara otomatis setiap kali Menu Penjualan di klik. yang ditampilkan grafik ini adalah data penjualan dari hari ini (saat anda membuka program) sampai 15 bulan ke belakang. Alasan dipilih 15 bulan bukan 12 bulan (1 tahun) agar pebisnis juga dapat membandingkan data dari saat ini dengan data tahun lalu. Jadi Pemilik bisnis (owner / manager) tidak perlu menjadi Ahli dalam mengolah data atau menggunakan program excel.

Pada grafik dibawah ini, grafik penjualan yang atas adalah grafik penjualan diukur dalam satuan jumlah uang (omzet penjualan). Bila yang dijual di perusahaan itu jenis barangnya mirip, misalnya jualan kain sarung, maka Grafik kedua (yang bagian bawah) bisa dikatakan lebih tepat dalam pengukuran karena memantau dari satuan jumlah Item.

Memantau omzet (jumlah uang yang diterima) bisa saja lebih tinggi dari tahun lalu bila ada kenaikan harga barang tapi secara jumlah barang yang terjual (item) bisa saja menunjukkan bukti lain. misalnya pada grafik di bawah ini bila kita lihat di sep 2023 dan kita bandingkan dengan sep 2022, bisa kita katakan omzet uangnya mendekati, tapi bila kita lihat di grafik kedua kita bandingkan secara item akan tampak sekali kalau sep 2022 lebih banyak dari tahun sep 2023 artinya terdapat penurunan dalam penjualan.

Memahami siklus perdagangan dengan grafik juga akan lebih mudah. Misalnya kita berjualan kain Sarung, biasanya penjualan saat mendekati bulan lebaran (periode april - Mei) akan Ramai, sedangkan saat sesudah lebaran (juni - Juli) akan menurun, jadi sebagai parameter kita bisa tahu tahun ini ada kemajuan atau tidak kita membandingkan dengan periode april-mei tahun lalu.

Dengan cara ini anda tidak perlu menjadi pemilik bisnis yang selalu gelisah tapi sebaliknya juga ada masanya anda sebagai pemilik bisnis harus menganalisa dengan detil bila terjadi penurunan penjualan yang drastis tanpa alasan yang jelas.

Grafik Penjualan