YUDI
09 September 2023

Bekerja Efisien dan cepat Menggunakan QR code dan Browser yang ada di HP

Pada sebuah perusahaan yang membutuhkan Quality Control (QC) untuk setiap level produksi, proses pencatatan yang efisien dan cepat sangat dibutuhkan.

Di salah satu perusahaan yang saya buatkan program, awalnya kita berencana memasang beberapa unit komputer dengan barcode scanner agar setiap pegawai di level produksi bisa input datanya. Mengingat banyaknya pegawai yang harus input data dan dimana setiap pegawai memiliki username dan password sendiri-sendiri proses ini kita batalkan.

Alternatif kedua adalah membuat aplikasi Android yang bisa melakukan scan QR code setiap produk, tapi setelah saya teliti ternyata program browser (google chrome / mozilla firefox) yang ada di HP saat ini bisa memiliki akses ke kamera yang ada di HP, artinya browser yang membuka web bisa juga dapat digunakan untuk melakukan scan QR code untuk membantu proses input data.

Langkah menggunakan browser ini benar benar sangat membantu karena pertama para pegawai teknisi yang bisa dikatakan 100% memiliki HP bisa langsung memasukkan data tanpa perusahaan harus membeli perangkat komputer dan Barcode scanner (penghematan di sisi perusahaan).

keuntungan kedua, pegawai teknisi juga tidak perlu log out dan login, karena username dan password disimpan di HP masing-masing sehingga proses produksi yang membutuhkan identitas siapa yang membuat suatu produk bisa otomatis tercatat oleh sistem (efisien di sisi pegawai).

keuntungan ketiga, kemampuan scan QR code secara terus-menerus (Continuously), jadi misalnya pegawai A, dia membuat 7 produk Aki model XYZ, maka pegawai A ini akan menempelkan kode QR Code di setiap produk Aki XYZ, lalu membuka program web, memasukkan nama barang yang diproduksi (Aki model XYZ), lalu melakukan scan QR Code dengan HP sebanyak 7 kali, kemudian menyimpan.

Dengan cara ini pencatatan yang dilakukan pegawai A dapat dikatakan Sangat Efisien karena nantinya komputer sendiri yang akan memperbanyak proses pencatatan. Yang dilakukan pegawai A adalah 1 proses, tapi di komputer akan disimpan sebanyak 7 baris data