YUDI
09 September 2023

Pentingnya menciptakan "Bonafide Image" untuk sebuah produk

Istilah Bonafide berasal dari bahasa latin "Bona Fide" yang artinya "in Good Faith". Untuk saat ini lebih umum dikenal Genuine. Suatu produk dikatakan Mahal atau Murah tergantung dari kepercayaan pembeli terhadap produk tersebut.

Bila Pembeli merasa percaya bahwa suatu produk berkualitas, tidak mudah rusak, saat ada cacat produk perusahaan pembuat langsung mengganti dengan proses klaim yang jelas dan mudah, maka walaupun harga dari suatu produk ini lebih tinggi dari harga produk sejenis, Pembeli tetap akan membeli produk karena dia merasa apa yang dia beli adalah sesuatu yang Genuine dan bisa dipercaya (in Good Faith)

Salah satu contoh yang bagus misalnya Apple, bila kita bandingkan produk Apple harganya lebih mahal dari produk sejenis, mulai dari HP, Laptop, Smart Watch, Earphone semuanya lebih mahal dari produk sejenis. Tetapi karena faktor Bonafide menimbulkan pembeli berbondong-bondong antri untuk membeli.

Apple memberikan faktor Genuine yang jelas, bila anda memiliki produk apple dan mengetahui serial numbernya, anda bisa melakukan pengecekan apakah produk apple yang saat ini anda pegang itu asli / tidak dan garansinya berakhir sampai kapan.

Salah satu perusahaan yang saya buatkan program custom adalah AJRPower, perusahaan ini membuat Aki yang berbahan Baterai Lithium Ferro Phosphate (LiFePo4) sebagai pengganti dari Accu konvensional. untuk menunjukkan faktor Genuine yang jelas saat pembeli membeli produk, perusahaan mencetak QR Code yang berisi link website untuk mengecek produk dan masa garansinya.

Dengan cara ini pembeli bisa lebih mudah dalam melakukan pengecekan. Tanpa harus melakukan googling mencari alamat website perusahaan, mengetik serial number produk yang ingin dicek, Pembeli cukup melakukan scan QR code di HP, akan dibuka informasi lengkap produk dan masa garansinya

video demo Pentingnya menciptakan "Bonafide Image" untuk sebuah produk