Penjualan Back
Membuat daftar barang Open
Sebelum membuat faktur untuk dijual ke customer, maka kita harus memiliki data barang yang akan dijual, pada topik ini akan dijelaskan bagaimana cara memasukkan data barang lengkap dengan harga dan satuan yang digunakan sehingga saat membuat faktur penjualan (nota) harga barang akan muncul secara otomatis.
Membuat data customer Open
suatu perusahaan umumnya menjual barang bisa ke berbagai customer, karena itu perlu dilakukan pencatatan sehingga perusahaan bisa mengetahui customer mana yang hutangnya jatuh tempo, customer mana yang pengambilan barangnya paling banyak dalam periode tertentu juga untuk pelaporan pajak, langkah memasukkan data customer hendaknya dilakukan sebelum membuat faktur penjualan.
Membuat data sales Open
Data sales ini berguna apabila anda memiliki sales dan memberikan komisi penjualan untuk sales tersebut. Apabila tidak ada pemberian komisi penjualan maka data sales ini dapat dikosongkan
Membuat Faktur penjualan Open
proses pembuatan faktur penjualan atau sering disebut nota penjualan dapat dibuat dengan cara yang simple dan mudah, tetapi bila perusahaan anda menggunakan proses yang lebih kompleks misalnya ada proses pemesanan terlebih dahulu (Sales Order) kemudian bila disetujui dilanjutkan pada pengiriman barang (Delivery Order) dan dilanjutkan ke Faktur penjualan, topik ini akan membahas proses pembuatannya dari yang sederhana hingga mengaktifkan fasilitas yang lebih kompleks.
Membuat Retur penjualan Open
Bila customer mengembalikan barang yang telah dibeli sebelumnya karena alasan tertentu yang bisa diterima perusahaan maka customer tersebut akan dibuatkan bukti retur penjualan. saat customer melakukan pembayaran maka secara otomatis nilai barang yang diretur juga akan tampak sehingga customer hanya perlu membayar kekurangannya saja.
Customer memberikan uang muka penjualan (money deposit) Open
customer terkadang memberikan uang muka penjualan, sehingga bila customer tersebut memesan barang di kemudian hari customer pembayaran uang muka tersebut dapat digunakan sebagai pembayaran faktur. pada topik ini akan dijelaskan cara memasukkan data. sedangkan langkah menggunakan uang muka untuk pembayaran faktur dapat dilihat pada pilihan dibawah ini (pembayaran customer)
Membuat Pembayaran Open
Bila customer melakukan pembayaran maka perlu dilakukan pencatatan, langkah berikut akan menjelaskan pencatatan pembayaran faktur-faktur yang dimiliki customer, mulai dari pembayaran faktur secara penuh atau faktur yang dibayar sebagian (mencicil), pemotongan uang muka yang sudah diberikan customer dan pemotongan pembayaran dari beberapa retur bila ada.
Cara melakukan konfirmasi pembayaran Open
Proses ini dapat dikatakan sebagai proses double cek pembayaran. saat customer melakukan pembayaran dengan cara transfer ke bank, umumnya dilakukan oleh pihak administrasi penjualan, sangat disarankan agar proses ini dilakukan pengecekan ulang untuk menghindari kesalahan input nilai pembayaran.
customer meminta pengembalian dana dari retur atau kelebihan pembayaran Open
bila customer memiliki retur penjualan atau ada kelebihan pembayaran dan ingin menarik kembali dana yang diberikan maka berikut adalah langkahnya.
Mengaktifkan dan menggunakan fungsi sales order Open
Setting awal program untuk setiap perusahaan adalah setiap kita membuat nota maka secara otomatis akan menjadi faktur penjualan, artinya secara otomatis pula pelanggan itu langsung memiliki piutang, hal ini untuk menyederhanakan proses pada perusahaan sederhana, bila di perusahaan anda menggunakan sistem sales order, dimana barang dipesan dulu (SO) bila barang telah dikirim dengan surat jalan (DO) maka akan menjadi faktur, maka topik ini sangat tepat untuk anda pelajari.
Membuat Delivery order Open
Surat jalan (Delivery Order) dibuat setelah adanya pemesanan barang yang dilakukan customer, pembuatan DO umumnya dilakukan oleh bagian gudang (warehouse staff) karena mereka akan menyiapkan barang dan mengatur cara packing yang efektif, misalnya beberapa barang dijadikan satu kotak sehingga ongkos pengiriman pada expedisi dapat lebih murah.
Cara cek profile seorang customer (hutang, retur, pembayaran) Open
Dalam proses bisnis terkadang sebelum kita memberikan pinjaman atau menaikkan plafon hutang kepada customer ktia ingin mencari tahu lebih detil profile customer tersebut, misalnya berapa posisi hutangnya saat ini, berapa jumlah pengambilan barangnya, pembayarannya apakah lancar atau tidak. maka pada topik ini akan dijelaskan cek profile customer.
Export data faktur penjualan dari usahaku ke program efaktur Open
Usahaku.com menyediakan fasilitas untuk melakukan export data faktur penjualan yang anda buat ke program efaktur, sehingga perusahaan anda tidak perlu bekerja dua kali dan dapat lebih cepat dan efisien dalam melakukan pelaporan pajak, berikut adalah penjelasan langkah dari program usahaku.com ke efaktur pajak keluaran
Mencari Omzet dan komisi sales Open
mencari omzet sales untuk selanjutnya menghitung komisi / keuntungan dari sales tersebut umum dilakukan oleh banyak perusahaan, pada langkah ini akan dijelaskan langkah singkat bagaimana mencari omzet dari sales tersebut.